Senin, 15 Maret 2010

Outbond dan Training For Succes

Pelatihan ini diselenggarakan pada Hari/tanggal : Kamis 6 Agustus s/d Jumat 7 Agustus 2009 bertempat di Minahasa Prima Resort Jln Trans Sulawesi Tasik Ria Manado yang memiliki areal  terbuka  yang cukup luas guna pelaksanaan indoor dan outdoor activities, meeting room dan akomodasi yang memadai. Dalam acara ini dilakukan juga penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan International Finance Corporation (IFC)

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dengan menggabungkan sistem indoor training dengan outbound/outdoor training. Dalam kegiatan outbound dan indoor training diisi dengan berbagai kegiatan yang berorientasi kepada upaya menumbuhkan keterlibatan dan kreatifitas peserta baik dalam bentuk Penyampaian Materi, Games, Simulasi maupun Diskusi dan Kegiatan Kelompok.
Pelatihan ini melibatkan fasilitator dan nara sumber dari  The Asia Foundation Jakarta dan LPTP Manado. Sedangkan peserta yang terlibat mengikuti pelatihan ini ada 10 orang (5 laki-laki dan 5 perempuan). Peserta yang diharapkan hadir adalah 14 orang. Seluruh biaya yang timbul dari pelaksanaan kegiatan ini menjadi tanggung jawab  LPTP Manado. Sangat disayangkan karena peserta dari Biro Perekonomian tidak bisa mengikuti pelatihan ini. Tujuan pelaksanaan training outbond dan training for success adalah :

1.   Memberikan pemahaman kepada tim terkait pentingnya perbaikan perizinan dan iklim usaha dalam meningkatkan perekonimian daerah.

2.   Meningkatakan  pengetahuan dan pemahaman tim yang komprehensif tentang PTSP dan urgensinya dalam perbaikan iklim usaha di daerah.

3.   Meningkatkan  kemampuan dan pemahaman tim tentang proses atau tahap pembentukan penyelenggaraan PTSP dan hal-hal apa saja yang dapat dikembangakan dari penyelenggaraan PTSP.

4.   Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tim terkait hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh OSS Support Center dalam mendukung dan mengembangakan PTSP.

    Output yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :

1.     Tumbuhnya sikap saling empathy diantara sesama  anggota Tim dan saling memahami peran dan tanggung jawab serta mampu menerapkan asas kerjasama Tim.

2.     Terbentuk Tim yang tangguh dan solid dalam peningkatan kinerja dalam rangka pencapaian tujuan pelayanan pada masyarakat

3.   Tim OSC mampu berkoordinasi dengan instansi teknis yang mengelola perizinan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam hal penyederhanaan pengurusan perizinan.

4.   Tim OSC dapat mengetahui dan menyusun kriteria petugas/personil yang akan ditempatkan pada instansi pelayanan perizinan.

Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan training ini antara lain :

1.   Terlaksananya kegiatan training outbond dan training for succes

2.   Dari pelaksanaan training ini didapatkan tujuan objectiv tim OSC, tantangan tim OSC dan kekuatan dari tim OSC

3.   Adanya hasil kongkrit yang disusun oleh tim OSC yaitu: rencana kegiatan tim yang akan dilaksanakan pada bulan Agutus sampai dengan bulan Desember 2009




0 komentar:

Pengikut

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP