Senin, 15 Maret 2010

Training Data Base

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2009 bertempat di hotel Formosa Manado. Peserta yang diundang pada training data base ini adalah : staf KPPT Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), staf KPPT Kota Tomohon, staf UPTSP Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan tim OSS Suport Center (OSC) Provinsi. Jumlah peserta yang menghadiri acara training data base ini, berjumlah 16 orang.


Tujuan pelaksanaan training data base ini adalah :


  1. Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dapat menerapkan system data base yang lebih baik lagi dalam menunjang pelaksanaan pelayanan perizinan usaha.
  2. Dengan adanya system data base yang baik dalam pelaksanaan pelayanan perizinan usaha diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah

Output yang diharapkan dari pelaksanaan training data base ini adalah :

  1. Peserta memahami pentingnya data base dalam melaksanakan pelayanan perizinan bagi para pelaku usaha
  2. Peserta dapat menerapkan hasil yang didapat pada training dalam melaksanakan pelayanan perizinan usaha di daerahnya


Proses pelaksanaan training data base diawali dengan ucapan selamat datang dari pembawa acara (MC), kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta. Selesai doa bersama dilanjutkan dengan sambutan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara dan sambutan dari LPTP Manado sebagai pelaksana kegiatan di daerah. Untuk sambutan pertama diberikan kepada kesempatan kepada LPTP Manado yang disampaikan langsung oleh Bapak Ir. Adiloekito. Berikutnya adalah sambutan dari Pemprov Sulut dan sekaligus membuka secara resmi acara training data base yang disampaikan oleh Bapak Johanis Doodoh, SH mewakili Kepala Biro Organisasi Pemprov Sulut. Sesudah sambutan, dilanjutkan dengan materi training yang pertama. Materi training pertama ini dibawakan oleh Bapak Denny Santosa, Skomp dan Bapak Gandaria, Skomp. Untuk materi pertama ini bersifat teori tentang data base. Selesai dengan teori, dilanjutkan dengan aplikasi/praktek oleh peserta training. Untuk pelaksanaan praktek ini dengan difasilitasi langsung oleh para trainer. Sebelum masuk pada tahapan aplikasi/praktek terlebih dahulu trainer membuka kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan para peserta. Untuk sessi tanya jawab ini menyangkut pemahaman peserta tentang teori yang telah disampaikan sebelumnya oleh trainer. Training data base ini berlangsung sampai dengan pukul 15:00 Wita, kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan. Untuk acara penutupan diserahkan kepada pihak LPTP Manado selaku pelaksana kegiatan di daerah. Dan untuk acara penutupan ini difasilitasi langsung oleh Direktur LPTP Manado Bapak Ir. Adiloekito. Sebelum menutup acara, Pak Adiloekito mempersilahkan peserta untuk memberikan kesan dan pesan. Dalam kesan dan pesan ini peserta training berharap untuk kedepan, training data base seperti ini jangan hanya satu hari. Alangkah baiknya kalau dilaksanakan minimal dua (2) hari. Tujuannya menurut para peserta training, untuk penguasaan teknis data base seperti ini bisa lebih mendalam lagi. Setelah kesan dan pesan, acara training data base ditutup secara resmi oleh Bapak Ir. Adiloekito selaku Direktur LPTP Manado.
Hasil yang dicapai pada pelaksanaan training data base ini adalah : “ peserta memahami materi yang diajarkan pada training. Selain itu peserta merekomendasikan agar kedepan training data base seperti ini kalau bisa waktunya bisa lebih panjang lagi. Tujuannya agar penguasaan teknis aplikasinya lebih mendalam lagi dan benar-benar dapat diterapkan di Instansi tempat mereka bertugas “




0 komentar:

Pengikut

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP