Senin, 15 Maret 2010

Pertemuan Forum OSS (15 kota/kabupaten)

Pertemuan Forum OSS se-Provinsi Sulut, dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2009 di Swiss Bellhotel Manado. Pertemuan Forum OSS se-Provinsi Sulut ini adalah pertemuan yang pertama pada tahun 2009. Rencananya pertemuan Forum OSS akan dilaksankan sebanyak 5 kali sepanjang program. Peserta yang diundang meliputi 15 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Sulut. Baik yang sudah ada PTSP- nya maupun yang belum memiliki PTSP. Tujuan pertemuan Forum OSS ini adalah : a) Sebagai media sharing pengalaman dalam hal pelayanan perizinan antar anggota Forum, b) Lewat pertemuan Forum ini diharapkan peserta dapat mengidentifikasi, merumuskan dan membahas indikator yang berkaitan dengan Province OSS Performance Index (POPI). Peserta yang hadir berjumlah 17 orang.

Proses pertemuan Forum diawali dengan sambutan dari Kepala KPPT Provinsi Sulut Bapak Tomy Rambitan, SE. Selanjutnya sambutan dari pihak LPTP Manado oleh Bapak Ir Adiloekito dan sambutan dari koordinator Forum OSS oleh Bapak Judhistira Siwu, SE. M.Si. Selesai sambutan, dilanjutkan dengan pembahasan POPI (Province OSS Performance Index ). Pembahasan agenda POPI dipandu langsung oleh Bapak Judhistira Siwu selaku koodinator Forum OSS Provinsi Sulut. Sebelum pembahasan POPI, didahului dengan penjelasan tentang latar belakang terbentuknya Forum OSS di Provinsi Sulut, visi dan misi forum. Ini disadari karena staf PTSP yang hadir pada pertemuan kali ini, banyak yang belum memahami tentang latar belakang terbentuknya Forum OSS di Provinsi Sulut. Selesai dengan penjelasan latar belakang pembentukkan forum, visi, dan misi, dilanjutkan dengan pembahasan POPI. Pada pembahasan indikator POPI agak mengalami sedikit kesulitan. Bahkan pembahasan POPI menjadi sedikit menyimpang dari tujuan yang ingin dicapai. Diskusinya lebih banyak mengarah kepada dinamika Forum. Menyadari keterbatasan dari peserta pertemuan, pihak pelaksana kegiatan (LPTP) dan koordinator Forum sepakat untuk tidak memaksakan agenda POPI harus terbahas pada pertemuan yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun 2009. Konsekuensinya hasil pembahasan mengenai POPI tidak maksimal seperti yang diharapkan. 


Pertemuan Forum OSS yang kedua (2) dilaksanakan pada bulan Juni 2009. Pertemuan Forum yang kedua ini bersamaan dengan pelaksanaan training POPI yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 9 Juni 2009. Pertemuan Forum OSS yang ketiga (3) dilaksanakan pada bulan Juli 2009. Pertemuan Forum ini bersamaan dengan pelaksanaan Diklat Bintek yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Juli 2009. Pertemuan Forum OSS yang keempat (4) dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2009 bersamaan dengan seminar hasil survey POPI. Dan pertemuan Forum yang kelima dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2009 bertempat di Peninsula Hotel Manado. Pertemuan Forum OSS yang kelima ini sekaligus merupakan pertemuan yang pertama antara Forum dengan tim OSC Provinsi Sulut. Pertemuan ini merupakan rekomendasi dari PTSP Kota Tomohon dan PTSP Kabupaten Minsel agar tim OSC dapat mengaktifkan kembali pertemuan-pertemuan Forum. Pada pertemuan Forum ini, tim OSC bertindak selaku failitator. Dan tugas-tugas seperti inilah yang diharapkan dari tim OSC kedepan untuk memfasilitasi Kabupaten/kota dalam melaksanakan pelayanan perizinan. Peserta yang menghadiri pertemuan Forum OSS dan tim OSC ini berjumlah 35 Orang.


Tujuan pelaksanaan pertemuan tim OSC dan Forum OSS ini antara lain, adalah :
  1. Pelayanan perizinan di daerah menjadi lebih baik
  2. Iklim usaha di daerah semakin kondusif dan
  3. Perekonomian di daerah menjadi semakin lebih baik

Output yang diharapkan dari pertemuan ini adalah :
  1. Tersosialisasinya keberadaan tim OSC tingkat Provinsi
  2. Adanya sharing pengalaman dan tukar menukar informasi antara tim OSC dan Forum OSS se-Provinsi Sulut
  3. Adanya kesepakatan antara tim OSC dan Forum OSS dalam pengembangan status Forum


Pertemuan berlangsung sampai pukul 13:00 Wita dan rekomendasi yang dihasilkan antara lain :
  1. Pertemuan antara Forum OSS dan tim OSC seperti saat ini harus ditindak lanjuti lagi
  2. Peserta pertemuan mengharapkan agar LPTP Manado sebagai lembaga yang independent serta telah berpengalaman dalam menangani masalah OSS di daerah, dapat memfasilitasi pertemuan berikutnya antara tim OSC dan Forum OSS
  3. Pada pertemuan kali ini, peserta menunjuk KPPT Provinsi Sulut untuk menjabat sebagai Koordinator Forum OSS di Provinsi Sulut



0 komentar:

Pengikut

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP