Senin, 15 Maret 2010

Regulatory Impact Assessment (RIA) Training


Training RIA dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober sampai dengan tanggal 9 Oktober 2009, bertempat di hotel peninsula Manado. Trainer pada kegiatan ini berjumlah tiga (3) orang yang semuanya dari The Asia Foundation (TAF) Jakarta. Ketiga trainer tersebut adalah : Bpk Hari Kusdaryanto, Bapak Hari Setianto dan Bapak Agus Edhiawan. Peserta yang diundang pada training RIA ini adalah : Biro Hukum, Biro Organisasi dan Biro Ekonomi dalam lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut). Selain ketiga (3) Biro yang berada dalam lingkungan Pemprov, peserta lain yang diundang khususnya yang terkait erat dengan program RIA nanti adalah : tim OSS Suport Center (tim OSC) Provinsi dan Akademisi dari Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Jumlah peserta yang menghadiri training RIA ini berjumlah 19 orang.



Tujuan diadakannya training RIA adalah :

  1. Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota dapat menerapkan RIA dalam setiap produk kebijakannya 
  2. Adanya Perda yang direvisi oleh Pemerintah daerah dengan menggunakan metode RIA


Output yang diharapkan dari pelaksanaan training RIA ini adalah : “ peserta training memahami tentang metode-metode analysis/kajian dalam RIA yang bermanfaat dalam menerbitkan peraturan/kebijakan di daerah “


Alur proses training :


  1. 1. Hari pertama, pada hari pertama pelaksanaan kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang dari pembawa acara (MC) yang dilanjutkan dengan doa dan sambutan. Untuk sambutan pertama dibawakan oleh Direktur LPTP Manado selaku pelaksana program OSS dan RIA TA 2009 di Provinsi Sulut. Sambutan yang kedua (2) dari Pemerintah Provinsi Sulut diwakili oleh Ibu V.J.A Oroh, SH.MH selaku Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sulut yang mewakili Gubernur Sulut, sekaligus membuka secara resmi training RIA di Provinsi Sulut. Selesai sambutan dilanjutkan dengan dengan topic “ Regulasi yang Lebih Baik “ (modul 1). Materi pertama ini disampaikan oleh Bapak Hari Setianto dan Bapak Hari Kusdaryanto. Materi yang pertama ini berlangsung dengan makan siang pukul 12:30 Wita. Selesai makan siang lanjut dengan materi berikutnya tentang “ Pengenalan Metode RIA “ (modul 2). Untuk materi Pengenalan Metode RIA ini, masih tetap difasilitai oleh Bapak Hari Setianto dan Bapak Hari Kusdaryanto. Dalam setiap sessi, fasilitator sering mengisi dengan beberapa simulasi permainan/game sederhana dengan melibatkan peserta. Tujuan dari game ini adalah : agar peserta bisa lebih rileks (tidak tegang) serta untuk menghindari kejenuhan peserta yang berada seharian dalam ruangan. Simulasi-simulasi dalam bentuk game ini ternyata sangat diminati oleh peserta, sehingga proses training hari pertama ini berlangsung dengan lancar. Selesai memaparkan materi, dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh fasilitator. Diskusi ini berlangsung sampai dengan pukul 17:00 Wita.  
  2. Hari kedua(2), training RIA hari kedua ini masih tetap difasilitasi oleh oleh Bapak Hari Setianto dan materi training hari kedua ini mengenai “ Perumusan Masalah dan Tujuan ”(modul 3). Serta modul 4, mengenai “ Pengembangan Alternatif “. Pelaksanaan training RIA hari kedua (2) peserta banyak melakukan aktivitas dalam kelompok-kelompok kecil. Peserta yang hadir pada acara training hari kedua (2) ini sebelumnya diminta oleh facilitator untuk berkelompok dalam kelompok-kelompok kecil. Kemudian setiap kelompok diberikan modul dan contoh Perda untuk didiskusikan di dalam kelompok. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana peserta dapat melakukan analysis dengan menggunakan tahapan-tahapan dalam metode RIA. Selesai melakukan pembahasan dalam kelompok, kelompok-kelompok ini diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Selesai presentasi,fasilitator meminta kelompok lainnya untuk memberikan tanggapan/usulan atau masukkan bagi kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Sessi ini berlangsung sampai dengan makan siang pukul 12:30 Wita. Selesai makan siang pukul 13:30 Wita, dilanjutkan dengan materi tentang “Analisis Manfaat Biaya “(modul 5). Materi ini difasilitasi oleh Bapak Agus Edhiawan. Dan materi dari Pak Agus Edhiawan berakhir pada pukul 17:00 Wita.
  3. Hari ketiga (3) atau hari terakhir pelaksanaan training RIA. Pada sessi terakhir ini diawali dengan refleksi materi hari kedua.Kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya mengenai “ Konsultasi Stakeholders dan Strategi Implementasi”(modul 6), dan modul 7 mengenai “ Laporan RIA (RIA Statement) “. Materi pada hari ketiga (3) ini difasilitasi oleh Bapak Agus Edhiawan. Pemaparan materi hari ketiga ini berlangsung sampai dengan pukul 12:30 Wita. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang dan selesai makan siang pukul 14:00 Wita, dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Sebelum melaksanakan diskusi kelompok, peserta dibagi kedalam 3 kelompok kecil. Kemudian masing-masing kelompok dibagikan modul atau contoh-contoh Perda dari Daerah lain. Modul yang telah dibagikan tadi, dijadikan bahan diskusi di masing-masing kelompok. Selesai pembahasan dimasing-masing kelompok, fasilitator meminta kelompok yang sudah siap untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Selesai presentasi, fasilitator meminta kelompok yang lain untuk menanggapi atau memberikan masukkan/saran kepada kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok yang telah selesai mempresentasikan hasil diskusi mereka, diminta oleh fasilitator untuk memberikan tanggapan apabila ada pertanyaan atau masukkan dari kelompok yang lain. Sama seperti pada hari pertama dan hari kedua proses pelaksanaan training diselingi dengan game/permainan yang sederhana di setiap sessi. Tujuannya agar peserta tidak jenuh dan tegang karena berada seharian dalam ruangan. Selain itu dengan suasana yang lebih rileks diharapkan peserta dapat menyerap materi yang diberikan secara maksimal. Materi hari ketiga ini berlangsung sampai dengan pukul 17:00 Wita. Dan materi dari Pak Agus Edhiawan merupakan materi yang terakhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan training RIA di Provinsi Sulut. Selesai materi, dilanjutkan dengan acara penutupan. Untuk acara penutupan ini didahului dengan ucapan terima kasih dari pelaksana kegiatan yang disampaikan oleh Bapak Vulgensius Penana selaku pelaksana tugas harian Direktur LPTP Manado yang masih berada di Jakarta. Pemprov Sulut dalam acara penutupan ini diwakili oleh Bapak Johanis Doodoh, SH selaku Kepala Bagian Kelembagaan Biro Organisasi Pemprov Sulut yang sekaligus menutup acara training RIA secara resmi. 


Hasil yang dicapai dari pelaksanaan training RIA antara lain :

  1. Peserta memahami tahapan-tahapan dalam metode RIA
  2. Adanya pengakuan dari peserta training akan manfaat dilaksanakannya training RIA di Provinsi Sulut yang dikaitkan dengan kebijakan daerah yang ada pada saat ini. 



0 komentar:

Pengikut

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP